Mengukur Kapasitor

Besarnya kapasitas komponen kapasitor dapat dilihat dari label yang tertera pada fisik komponen tersebut khususnya yang berkapasitas micro Farad (μF) sampai dengan mili Farad (mF). Misalnya 4700 μF 16 V artinya kapasitor/condensator tersebut mempunyai kapasitas 4700 micro Farad (μF) dengan voltage (tegangan) maximal 16 Volt. Untuk beberapa jenis kapasitor yang berkapasitas pico Farad (pF) sampai dengan nano Farad (nF) label pada fisik komponen hanya berupa angka atau kode warna sehingga untuk mengetahui kapasitasnya harus dengan cara mengkonversi kode angka atau kode warna yang tertera pada fisik komponen.

Cara lain untuk mengetahui besarnya kapasitas komponen kapasitor adalah melalui pengukuran menggunakan alat ukur capacitance meter. Jika terjadi perbedaan antara hasil pengukuran dengan label yang tertera pada fisik komponen atau berdeda dengan hasil konversi kode angka atau kode warna, maka kemungkinan kapasisor/condensator tersebut rusak. Kerusakan pada komponen ini bisa berupa hubung singkat (short), putus, atau nilai kapasitas sudah di luar toleransi.

Untuk mengukur sebuah kapasitor yang berdiri sendiri caranya dapat langsung mengukur komponen tersebut menggunakan capacitance meter sesuai range pada alat ukur tersebut. Jika kapasitor tersebut sudah digabung dengan kapasitor lain secara seri seperti pada gambar di bawah, maka untuk mengukur kapasitor misalnya C2 dapat dilakukan seperti pada gambar. Probe (+) dan probe (-) dapat bolak-balik.
Kapasitor Seri


Mengukur Kapasitor Seri

Bagaimana jika kapasitor tersebut dipasang secara paralel seperti pada gambar di bawah?
Jika dua atau lebih kapasitor dirangkai secara paralel seperti pada gambar di bawah, maka untuk mengukur satu kapasitor harus dilakukan pemutusan jalur yang terhubung secara paralel dengan komponen lain. Pada gambar terlihat jalur yang diputus ditandai dengan “x” merah sehingga antara kapasitor C1 dan kapaitor C2 tidak terhubung lagi. Setelah itu barulah dapat dilakukan pengukuran dengan alat ukur capacitance meter. Pada kondisi jalur yang sudah diputus ini, kita juga dapat mengukur kapasitor C1 karena sudah tidak dipengaruhi C2.
Kapasitor Paralel
Mengukur Kapasitor Paralel

Catatan:
Capacitance meter digital ataupun analog (dengan indikator jarum penunjuk) adalah suatu alat yang digunakan untuk mengetahui besarnya kapasitas komponen kapasitor. Dengan alat ukur ini kita dapat menguji komponen tersebut apakah masih layak dipakai atau sudah rusak.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Kapasitor atau Condensator