Cireng Ateu, Jajanan Khas Orang Sunda yang Renyah, Lezat, dan Bergizi

Cireng adalah makanan ringan khas Sunda yang terbuat dari aci (tepung kanji) atau tapioka dengan cara digoreng. Cireng sendiri adalah singkatan dari Aci Goreng atau Aci Digoreng. Makanan ringan ini bukan saja salah satu jajanan favorit anak-anak di sekolah tetapi juga sangat digemari remaja dan dewasa khususnya ibu-ibu rumah tangga yang suka dengan rasa pedas.

Ia bersama suami dan keluarga sudah merintis usaha ini sejak tujuh tahun yang lalu tanpa bantuan karyawan luar, hanya dikerjakan keluarga. Saat ini sudah memiliki 25 orang karyawan khusus jualan dan 15 orang karyawan khusus produksi termasuk persiapan bahan baku. 

Ateu adalah nama panggilan pengelola sekaligus owner Cireng Ateu yang kemudian dijadikan merek/ label produk. Video berikut meliput sebagian proses produksi dan wawancara singkat bersama Ibu Hj. Tenny Maryati, owner Cireng Ateu di tempat produksi.



Bisnis ini dimulai dengan sebuah ide sederhana namun bermakna, "Ingin membuat jajanan yang disukai anak yang sehat dan bergizi". Itu sebabnya isi cireng yang ia produksi terdiri dari berbagai jenis sayuran, daging ayam, bakso, dan sosis. Harganya pun relatif murah apalagi jika dibandingkan dengan makanan-makanan instan cepat saji.

Selain lezat, gurih, dan renyah, kelebihan Cireng Ateu adalah kandungan gizi karena terbuat dari bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet/ kimia yang bisa membahayakan tubuh khususnya anak-anak.

Jajanan khas Bandung ini terus berkembang dan sampai saat ini sudah mempunyai 20 cabang di berbagai tempat. Belum lagi pedagang perorangan yang datang langsung ke tempat produksi untuk dijual kembali.

Sebagai anggota PPKM (Paguyuban Pengusaha Kecil dan Menengah) Kabupaten Bandung ia berharap agar pemerintah bisa membentu para pengusaha kecil sesuai kebutuhan mereka dan harus tepat sasaran, jangan sampai pengusaha besar saja yang mendapat bantuan. Bantuan ini meurutnya tidak harus selalu berupa dana, tetapi bisa berupa pelatihan dan bimbingan mulai dari persiapan bahan baku, proses produksi, pengepakan, sampai pada pemasaran.

Jajanan ini bisa Anda peroleh secara online melalui Facebook, Whatsapp, atau bisa datang langsung ke cabang Cireng Ateu terdekat.

CIRENG ATEU CIRENG JUARA
Juara lezatnya, juara gurihnya, dan juara gizinya.

Info Lengkap dan Lokasi:
Jl. Arjasari Kp. Gempol RT. 05/06 Kabupaten Bandung.
Telp. 0812-2120-1237/ 0896-9698-7444

Comments

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Kapasitor atau Condensator