Membuat Hologram 3D dengan Smartphone

Hologram 3D

Holografi adalah suatu teknik agar cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam sehingga gambar yang direkam akan muncul secara tiga dimensi (3D) yang biasa disebut dengan hologram. (Wikipedia)

Di posting ini tidak akan dibahas secara detil istilah dan pengertian hologram tetapi bagaimana suatu objek gambar, animasi, atau video bisa terlihat melayang di atas smartphone seolah-olah objek tersebut melayang di atas smartphone. Objek tersebut akan terlihat seolah nyata tiga dimensi.

Agar objek terlihat seperti 3D hologram yang melayang di atas smartphone, maka sudut pandang melihatnya harus tepat. Jika dilihat dari atas, maka objek hologram tidak akan terlihat. Agar lebih jelas silakan perhatikan beberapa video di bawah mengenai hologram yang tampil di atas handphone 5 inch - 6". Dengan kata lain, objek gambar, animasi, atau video yang tampil pada diaplay handphone seolah ditransfer ke udara sehingga akan terlihat melayang atau bergerak sesuai sumber cahaya.


Hologram Burung Terbang


Hologram Kupu-kupu Terbang


Hologram Planet-planet yang Berputar

Adapun cara membuatnya sangat mudah. Hanya dengan plastik mika transparan (plastik yang biasa dipakai untuk jilid) dan dengan peralatan sederhana yang mudah didapat, Anda sudah bisa membuat objek hologram tampil di atas hanphone Anda. Lebih jelas mengenai cara membuatnya, silakan simak videonya di channel Youtube InfoTech (dilik aja !).

Gambar atau objek yang tampil di atas smartphone sekilas seperti visual illusion, optical illusion, atau eye trick.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Membuat Jaringan Peer to Peer