Bateray

Bateray (bahasa Inggris Battery) adalah suatu alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan dapat mengeluarkan tenaga dalam bentuk listrik DC (tegangan searah). Satuan bateray adalah VAh (Volt Ampere hour). Contoh Battery 12 Volt 100 Ah artinya mempunyai output tegangan DC 12 Volt dengan kapasitas 100 Ampere per jam. Contoh lain, Battery 1.5 V 1200 mAh artinya battery (bateray) tersebut mempunyai tegangan output 1.5 Volt dengan kapasitas 1200 mili Ampere per jam (1.2 Amper per jam). Notasi battery ditulis dengan huruf B (Battery), E (Energy), atau V (Voltage).

Bentuk fisik bateray yang mempunyai kapasitas besar umumnya lebih besar dari bateray dengan kapasitas kecil, namun demikian jika digunakan untuk beban yang sama, maka bateray dengan kapasitas lebih besar akan tahan lebih lama. Tahan di sini maksudnya dapat mensuplay tegangan lebih lama.

Berdasarkan pengisiannya terdapat dua jenis battery yakni battery yang dapat diisi ulang (rechargeable battery) atau disebut juga dengan battery sekunder dan battery yang tidak bisa diisi ulang (sekali pakai/disposable) atau disebut juga battery primer. Berdasarkan bahan utama pembuatannya ada dua jenis battery yaitu battery cair dan battery kering. Kedua jenis battery tersebut dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik.

Simbol bateray dapat dilihat pada gambar di bawah. Gambar sebelah kiri adalah simbol battery yang terdiri dari satu cell dan gambar sebelah kanan adalah simbol battery yang terdiri dari beberapa cell. Di dalam elektronika, battery berfungsi sebagai sumber tegangan DC (Direct Current) untuk mensuplay suatu sistem rangkaian yang membutuhkan tegangan DC. Dalam prakteknya, battery dapat diganti dengan power supply, regulator, atau adaptor yang merupakan suatu sistem rangkaian elektronika yang umumnya terdiri dari komponen trafo (transformator), dioda, condensator (capacitor), resistor (tahanan), dan IC regulator. Kelebihan power supply adalah dapat mengatur tegangan keluaran sesuai dengan kebutuhan namun hanya dapat bekerja ketika ada arus listrik (ada sumber listrik dari PLN atau genset).
Battery Symbol
Simbol Bateray

Simbol Bateray
Simbol Bateray

Bateray kering ataupun bateray cair dapat dengan mudah ditemukan di toko listrik, toko elektronik, atau di toko kendaraan bermotor dalam berbagai merk. Harga bateray yang dapat diisi ulang biasanya lebih mahal daripada disponsible battery. Banyak sekali perangkat elektronika yang menggunakan bateray kering sebagai sumber listrik di antaranya: 
  1. Handphone dan sejenisnya 
  2. Radio Saku 
  3. MP3 dan MP4 Player 
  4. Handycam Camcorders 
  5. Kamera Digital 
  6. Mother Board pada PC (PersonalComputer) 
  7. Remote Control 
  8. Laptop, Notebook, Netbook, dan Tablet 
  9. Wireless Mouse 
  10. Pointer Presntation
  11. Lampu Emergency 
  12. Mainan Anak 
  13. Lampu Senter 
  14. Power Bank 
Karena bateray dapat mengubah energi kima menjadi energi listrik tanpa perlu sumber listrik dari PLN, maka battery dapat digunakan sebagai sumber cadangan ketika listrik dari PLN mati. Contohnya Emergency Lamp, EPS (Emergency Power Source), Power Bank, dan UPS (Uninterruptable Power Supply).

Jika ada dua atau lebih bateray yang sejenis dipasang secara seri, maka tegangan keluaran (V Output) akan merupakan penjumlahan masing-masing output battery seadangkan kapasitas arusnya perjamnya akan tetap (V Total = V1 + V2 + Vn). Sebaliknya jika dipasang secara paralel, maka output tegangan akan tetap sedangkan kapasitas arus per jamnya akan merupakan penjumlahan kapasitas setiap battery (I Total = I1 + I1 + In).

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Kapasitor atau Condensator