Pengertian dan Perbedaan AC dan DC

Gelombang Arus Bolak-balik
Pengertian AC dan DC
AC adalah kependekan dari Alternating Current yang artinya arus bolak-balik sedangkan DC adalah kependekan dari Direct Current yang artinya arus searah. Kedua istilah itu perlu diketahui dan dipahami sebelum lebih jauh memperdalam pengetahuan di bidang elektronika dan listrik. AC dan DC adalah jenis tegangan atau arus listrik dengan karakteristik, sifat, dan bentuk gelombang yang berbeda, namun satuan dan besaran-besarannya sama yaitu: Volt (V) untuk satuan tegangan, Ampere (A) untuk satuan arus, dan Watt (W) untuk satuan daya. Jika suatu alat menggunakan sumber tegangan AC, maka arus yang mengalir pada perangkat tersebut adalah arus AC, demikian juga jika suatu alat menggunakan sumber listrik DC, maka arus yang mengalir adalah arus DC. Untuk melihat perbedaan bentuk gelombang antara tegangan AC dan DC dapat digunakan alat ukur Oscilloscope.

Oscilloscope yang dilengkapi dengan tabung sinar katoda berfungsi untuk memproyeksikan sinyal listrik ke layar tabung katoda menjadi bentuk gelombang yang dapat dilihat, diamati, dan dipelajari. Seiring kemajuan teknologi, kini Oscilloscope sudah dalam bentuk perangkat digital dengan fitur yang lebih lengkap dan lebih sempurna. Dengan bantuan oscilloscope, hal-hal berikut ini dapat kita lakukan:
  1. Melihat dan mengamati bentuk gelombang listrik 
  2. Mengukur tegangan peak to peak (puncak ke puncak) 
  3. Dapat melihat suatu distorsi gelombang listrik 
  4. Dapat melihat lebar fulsa, periode, dan waktu dari dua sinyal 
  5. Mengukur frekwensi gelombang listrik 
Tegangan dan Arus DC (Searah)
Tegangan DC memiliki polaritas yang tetap yakni positif (+), nol (0), dan negatif (-). Tegangan DC tidak memiliki phase dan arus yang mengalir pun selalu dari polaritas yang lebih tinggi ke polaritas yang lebih rendah yakni dari positif ke negatif, dari positif ke nol, atau dari nol ke negatif karena polaritas nol lebih tinggi dari polaritas negatif. Dalam prakteknya, polaritas negatif umunya menggunakan warna kabel merah sedangkan negatif menggunakan kabel berwarna hitam.


Bentuk gelombang DC

Contoh Sumber Tegangan DC (Searah):
  1. Battery (Accu/Accumulator/Aki) cair yang mengandung asam H2So4 
  2. Battery Kering 
  3. Solar Cell 
  4. Power Supply atau Adaptor 
Contoh peralatan yang menggunakan sumber tegangan DC (Searah):
  1. Kamera Digital 
  2. Telpon Seluler 
  3. Handycam 
  4. MP3/ MP4 Player 
  5. Lampu Senter 
  6. Lampu Emergency 
  7. Kalkulator 
  8. Remote Control 
  9. Mainan Anak 
  10. Pointer (untuk presentasi) 
  11. Wireless Mouse 
  12. Jam Tangan dan Jam Dinding 

Tegangan dan Arus AC (Bolak-balik)
Berbeda dengan tegangan DC, tegangan AC memiliki dua polaritas yang berubah-ubah dari polaritas yang lebih tinggi ke polaritas yang lebih rendah dalam satuan waktu. Dengan demikian tegangan AC memiliki phase dan frekuensi misalnya 60 Hz (60 cycle per detik) dan 50 Hz (50 Cycle per detik). Polaritas tersebut diukur dari titik Netral (N) atau Ground (GND).

Berdasarkan penggunaan jumlah phase-nya tegangan AC terdiri dari satu phase yaitu Phase, Neutral, dan Ground, kedua adalah tegangan AC tiga phase yang terdiri dari Phase R, Phase S, Phase T, Neutral, dan Ground. Dalam perkabelan listrik, polaritas tegangan AC dibedakan dengan warna kabel. Biru utuk Phase, Hitam untuk Netural, dan Kuning atau Kuning Hijau untuk Ground.

Contoh Sumber Tegangan AC
  1. PLN dengan bermacam pembangkit listrik misalnya PLTA dan PLTU. Besarnya tegangan AC dari PLN di Indonesia adalah sekitar 220Volt – 240 Volt dengan frekuensi 60 Hz. 
  2. Output Transformator Step Down pada rangkaian power supply 
  3. Output dari motor generator. 
Contoh peralatan yang menggunakan sumber tegangan AC:
  1. Motor Listrik yang digunakan di industri-industri untuk menggerakan mesin 
  2. Motor Listrik pada Mesin Cuci 
  3. Televisi 
  4. Kulkas (Lemari Pendingin) 
  5. Pompa Air 
  6. Bor Listrik 
  7. UPS (Uninterupable Power Supply) 
  8. EPS (Emergency Power Source) 
  9. Stabilizer Tegangan 
  10. Lampu-lampu Penerangan 
  11. Lampu Lalu-lintas 
  12. Komputer PC 
  13. Gergaji Mesin 
  14. Sugu Listrik 
  15. Mesin Fotokopi 
  16. Mesin Bubut 
  17. Kipas Angin 
  18. Layar Monitor 
  19. Printer 
  20. Pesawat Radio 
  21. Amplifier 
  22. Setrika 
  23. Hot Air Gun 
  24. Solder 
Perbedaan AC dan DC paling mendasar adalah bentuk gelombang dan polaritas sehingga sifat dan karakterisitk peralatan yang menggunakan sumber tegangan AC akan berbeda dengan peralatan yang menggunakan sumber tegangan DC. Perangkat yang menggunakan sumber tegangan AC akan menghasilkan arus AC dan perangkat yang menggunakan tegangan DC akan menghasilkan arus DC kecuali drancang dengan sistem khusus untuk mengkonversi tegangan.

Popular posts from this blog

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi Pada Rangkaian Seri

Menghitung Arus, Tegangan, Daya, dan Resistansi pada Rangkaian Paralel

Membuat Jaringan Peer to Peer